[ REVIEW ] Droid4X - Emulator Android Powerful Alternatif BlueStacks

Droid4X

[ REVIEW ] Droid4X - Emulator Android Powerful Alternatif BlueStacks

Nama Software : Droid4X
Developer : Droid4X

Droid4X adalah salah satu emulator Android untuk platform Windows. Droid4X merupakan emulator Android buatan Cina. Situs resmi Droid4X mengklaim bahwa performa serta kompabilitas Droid4X terhadap aplikasi atau game adalah yang terbaik. Droid4X sendiri memiliki based yang sama dengan  GenyMotion yakni VirtualBox-Based. Droid4X juga emulator Android yang bersifat gratis. 

Installasi

Proses installasi Droid4X menggunakan Online Installer dan biasanya memakan ukuran sampai 250 MB. Walaupun menggunakan installer online, Jika koneksi kalian cukup stabil, kalian bisa mendapatkannya dengan cepat dan tanpa masalah. Namun bagi kalian yang ingin menggunakan offline installer bisa kalian dapatkan disini dan akan selalu saya update :)

Install Droid4X

Berbeda dengan BlueStacks Online Installer yang pada saat proses installasi kita ditawarkan banyak aplikasi-aplikasi sampah, Droid4X tidak menginstall aplikasi-aplikasi sampah tersebut dalam proses installasinya. Setelah installasi selesai, kalian bisa langsung membuka aplikasi Droid4X melalui Desktop.

Google Playstore Droid4X

Sudah Dalam Root & Google PlayStore

Salah satu hal yang menyenangkan dari Droid4X adalah Droid4X sudah dalam versi Root. Artinya kalian tidak perlu repot-repot lagi me-root Droid4X kalian.

Root Droid4X

Google PlayStore pun sudah terinstall didalam Droid4X, sayangnya Google Play Service tidak ada didalam Droid4X, mau tidak mau kita harus mendownlod Google Play Service terlebih dahulu untuk menjalankan beberapa game / aplikasi.

Performa OK

Perpindahan aplikasi Droid4X antara aplikasi satu ke aplikasi lainnya juga cukup smooth dan OK walaupun membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Untuk menjalankan game pun cukup OK seperti Clash of Clan dan aplikasi seperti BBM serta Line. Mau maen Let's Get Rich pun lumayan lancar.

Let's Get Rich Droid4X

Tersedia Dalam Berbagai Resolusi

Menurut saya ini fitur menarik, kalian bisa memperkecil dan memperbesar ukuran layar dari Droid4X seperti aplikasi Windows lainnya. Droid4X juga menawarkan 4 buah pilihan yang bisa kalian lihat pada gambar dibawah. 

Resolusi Droid4X

Fitur ini menurut saya menarik karena apabila kalian merasa game yang kalian jalankan pada full screen membuat lag / lambat, tinggal kalian perkecil saja ukurannya dan game pun akan jadi terasa lebih smooth. Cocok untuk yang memiliki VGA OnBoard pas-pasan.

Drag & Drop APK Mudah

Kalian punya aplikasi android .APK yang ingin diinstall ? di Droid4X cukup mudah ! kalian bisa langsung drag & drop aplikasi tersebut ke layar Droid4X atau meng-import-nya melalui pilihan Import Droid4x atau juga bisa langsung klik 2x pada aplikasi .APK tersebut dan secara otomatis aplikasi tersebut langsung diinstall !

Install PAK Droid4X

Masih Jelly Bean

Sayangnya Droid4X masih menjalankan Android 4.2.2 Jelly Bean dan bukan KitKat. Terlihat agak jadul memang, namun di versi kedepannya Droid4X akan mengupdate ke versi KitKat atau bisa jadi langsung yang terbaru.

Pemakaian RAM

Walaupun cukup smooth untuk dijalankan, Droid4X juga punya kekurangan yakni pemakaian RAM yang terlalu besar bahkan melebihi BlueStacks. Jadi buat kalian yang memiliki RAM pas-pasan tidak disarankan untuk menggunakan Droid4X

RAM Droid4X

VirtualBoX-Based

Karena berbasis VirtualBox, Droid4X tidak disarankan untuk diinstall bersamaan dengan VirtualBox. Dan jika diinstall secara bersamaa akan menyebabkan error

Fitur Cukup Lengkap

Selain fitur yang saya sebut diatas, Droid4X juga memiliki fitur yang lumayan lengkap diantaranya GPS Emulation, Full Screen Mode, Pengaturan Volume Up & Down, Bisa menggunakan Smartphone sebagai Controller, Shared Folder dengan Windows.

Kelebihan

Droid4X memiliki banyak kelebihan fitur diantaranya sudah proses install yang mudah tanpa menyebagkan kepala pusing, Droid4X di root, terdapat google playstore, performa lumayan ok, install file .APK dengan mudah dan masih banyak lagi kelebihannya.

Kekurangan

Droid4X memakan RAM yang cukup banyak, terlebih aplikasi ini menggunakan Online Installer. Droid4X juga tidak bisa diinstall secara bersamaan dengan VirtualBox karena biasanya akan menyebabkan error. Versi Android yang dipakai pun masih Jelly Bean.

Kesimpulan

Jika kalian lelah dengan BlueStacks, saya rasa kalian patut mencoba alternatif BlueStacks ini. Droid4X menawarkan beberapa kelebihan walaupun masih terdapat beberapa kekurangan terutama dipemakaian RAM. Walaupun pemakaian RAM besar,  untuk menjalankan aplikasi, Droid4X masih cukup mumpuni.

Baca Juga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[ REVIEW ] Droid4X - Emulator Android Powerful Alternatif BlueStacks"

Posting Komentar